Langsung ke konten utama

Viktor Yeimo : Bapak Filep J.S. Karma, Selamat Datang Ke Penjara Besar Di Medan Revolusi West Papua.



(Fhoto: saat Bapak Filep J.S. Karma Keluar dari LP Kelas IIA Abepura, Jayapura Papua)


Oleh : Viktor Yeimo

Artikel/WEYAPO News --- Pukul 10:00 pagi, 19 Nov 2015, membawa kau keluar dari kurungan kecil ini, tempat 11 tahun kau dikurung. Tak ada yang spesial bagi kita, sebab penjara besar menanti diluar, akan kau lebih menderita ketika menghadapinya. Tentu merupakan tugas kita untuk membebaskan bangsa kita dari rantai penderitaan ini. 

Hari ini engkau dipaksa keluar bak penjahat, setelah kebenaran tak sanggup mereka bendung oleh gelora perjuangan rakyat dunia. 11 tahun sudah kau buktikan bakti tulusmu pada jalan kebenaran. Kau memartabatkan kemerdekaan yang diperjuangkan rakyat tertindas di planet bumi ini. Engkau tidak hanya menjadi teladan bangsa Papua, tetapi umat manusia di planet ini, bahwa kebenaran harus dipertahankan, diperjuangkan dan diwujudkan melalui jalan penderitaan.

Hari ini, kau menuliskan pada sejarah negeri ini, bahwa kau pernah meninggalkan kemewahan dan kenikmatan kolonial di kantor Gubernur Kolonial Indonesia, walau kau anak seorang mantan Bupati Wamena, dengan keluarga yang harmonis di rumah, kau lebih memilih menderita pada jalan kebenaran, teladan Yesus yang sangat kau yakini.

Bagi saya kau bukan sosok nasionalis sempit yang hanya terkurung pada kebenaran bangsamu, tetapi seorang yang tulus dan berperikemanusiaan pada manusia dunia, tanpa batas rasial, teritory, dan ideologi. Sesuatu yang menyadarkan penguasa penjajah untuk mengerti arti sesungguhnya kemerdekaan yang kita perjuangkan.

Selamat datang kawan, kaka, bapak kami, Filep J.S. Karma di medan revolusi West Papua.
Dari tetangga blok penjara, dari kami KNPB


Penulis : Ketua Umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Melalui Status Facebooknya.

Postingan populer dari blog ini

2015 Indonesia Akan Bubar,ini 34 Bendera Gerakan Perjuangan

Kekuatan Militer Indonesia Di Papua Melebihi Orang Asli Papua

Pendoropan Pasuka M iliter Di Papua dari waktu ke waktu semakin meningkat, pendropan militer di papua kebanyakan TNI angkatan darat angkatan laut dan juga kopasus, beberapa hari sebelummya pengiriman militer dalam skala besar di kirim melalui kapal perang , beberapa hari lalu namun baru kemarin   pada tanggal 30 september 2013 sejumlah anggota TNI dikirim melalui pesawat. Bukan hanya itu namun pengiriman pasukan dalam hal ini TNI angkatan darat dikirim melalui kapal pada hari rabu tanggal 02 september 2013 di pelabuhan jayapura.  Tanah Papua kini dikuasai oleh militer baik angkatan organik maupun non organik, sejumlah proyek di papua, seperti pembagunan ruas jalan pembagunan dalam skala besar semua diambil ali oleh militer, bahkan pemerintahan di tanah papua pada umumnya dikontrol oleh militer indonesia . Penempatan sejumlah anggota TNI yang organik maupun non organik,  jumlah anggota TNI di papua melebihi jumlah masyaraka asli papua yang ada di papua, hal ini akan mengganggu fisig…

Budayakan Membuang Sampah Pada Tempatnya

Oleh : Petrus Yatipai


Opini/Suara Penindasan --- Bicara tentang sampah pasti yang ada di benak kita adalah kotor, kumuh, dan menjijikan, memang benar ya. Sampah memang masih menjadi salah satu masalah terbesar dikota-kota besar di Indonesia, salah satu contohnya adalah sampah di ibu kota republic ini. Berbgai upaya penanganan sampah sudah di coba oleh pemerintah namun hasilnya belum saja maksimal.
Sampah merupahkan material sisa yang tidak diinginkan  keterpakaiannya ,dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah yang ada hanya produk-produk yang dihasilakan dan selama proses alam tersebut berlangsug. Untuk mengatasi pembuangaan sampah disembarangan tempat, harus tanyakan diri pribadi seseroang dan  kesadarannya.
Membuang sampah pada tempatnya, adalah sesuatu yang harus kita lakukan secara rutin dimana pun kita berada, tanpa kenal lelah. Dengan kita melakukan hal seperti ini, maka hidup kita pun akan nyaman . Jadilah teladan bagi orang lain, agar orang lain pun berbuat demi…