Langsung ke konten utama

Lingkungan Sangat Mempengaruhi Pembentukan Kepribadian Secara Utuh

(Fhoto Prib.P.Yatipai/PN)
Oleh : Petrus Yatipai
Opini, (WN) --- Kita tahu bahwa, Manusia adalah Makluk social termulia yang tidak bisa berdiri sendiri, dan hidup tanpa manusia lain dalam posisi apa pun itu bentuknya.  Itulah kita manusia. Untuk menjalin hubungan diantara  Individu yang satu ke individu yang lain, dibutuhkan Alat Komunikasih (Bahasa) sebagai alat perantara atau penghubung. Bahasa sangat peka dalam pembentukan kepribadian menjadi manusia yang utuh, bulat secara mental, spritual dan jasmani.

Lingkungan dimana setiap person tinggal, sangat besar dampaknya.Artinya, Lingkungan itulah tempat awal, bagaimana setiap manusia belajar melatih,membina, dan mendidik diri sendiri menjadi pribadi yang unggul dan berkualitas.

Ketika seorang yunior yang selalu aktif hari-harinya,  sering ikut bergabung dengan  seorang senior yang berbobot maka, dalam waktu yang dekat juga, ia akan mendapat banyak pengalaman atau ilmu dari seorang senior itu. Akhirnya, wawasan serta cara pandangnya pun akan berupa pula. Ada sebuah pepatah “ Ingin menjadi orang pintar, bergabung jugalah dengan orang pintar”. Lingkungan akan menentukan, cara pandang seseorang dalam menjalani hidupnya. Memperoleh semua itu, dibutuhkan tindahkan nyata, usaha dan kerja keras oleh saya sendiri. Yang menentukan dan membina diri saya adalah saya sendiri. Orang-orang disekitar adalah pengarah, petunjuk serta pelengkap saja. Ingin berubah dan tidaknya, ada pada saya.

Berkomunikasih dan bergaullah dengan sebaik mungkin kepada dia yang dipandangan kita terlihat hebat. Dikatakan hebat artinya, ia yang bisa memberikan indikator, jalan untuk pembentukan kepribadian seseorang ke jalan yang positif. Memang sangatlah susah, mendapatkan lingkungan yang membangun dari pada lingkungan yang membawa ke jurang. Bisa dikatakan susah, semenjak belum ada prinsip dan komitmen untuk berusaha. Sangat gampang sekali jika, punya kemauan yang tinggi, dan motivasi dari dalam untuk memperoleh sesuatu pengetahuan yang baik.


Pada intinya, ketika saya bergerak mengikuti jalan yang positif, dengan pergaulan mantap, pasti sukses.

Postingan populer dari blog ini

2015 Indonesia Akan Bubar,ini 34 Bendera Gerakan Perjuangan

Kekuatan Militer Indonesia Di Papua Melebihi Orang Asli Papua

Pendoropan Pasuka M iliter Di Papua dari waktu ke waktu semakin meningkat, pendropan militer di papua kebanyakan TNI angkatan darat angkatan laut dan juga kopasus, beberapa hari sebelummya pengiriman militer dalam skala besar di kirim melalui kapal perang , beberapa hari lalu namun baru kemarin   pada tanggal 30 september 2013 sejumlah anggota TNI dikirim melalui pesawat. Bukan hanya itu namun pengiriman pasukan dalam hal ini TNI angkatan darat dikirim melalui kapal pada hari rabu tanggal 02 september 2013 di pelabuhan jayapura.  Tanah Papua kini dikuasai oleh militer baik angkatan organik maupun non organik, sejumlah proyek di papua, seperti pembagunan ruas jalan pembagunan dalam skala besar semua diambil ali oleh militer, bahkan pemerintahan di tanah papua pada umumnya dikontrol oleh militer indonesia . Penempatan sejumlah anggota TNI yang organik maupun non organik,  jumlah anggota TNI di papua melebihi jumlah masyaraka asli papua yang ada di papua, hal ini akan mengganggu fisig…

Budayakan Membuang Sampah Pada Tempatnya

Oleh : Petrus Yatipai


Opini/Suara Penindasan --- Bicara tentang sampah pasti yang ada di benak kita adalah kotor, kumuh, dan menjijikan, memang benar ya. Sampah memang masih menjadi salah satu masalah terbesar dikota-kota besar di Indonesia, salah satu contohnya adalah sampah di ibu kota republic ini. Berbgai upaya penanganan sampah sudah di coba oleh pemerintah namun hasilnya belum saja maksimal.
Sampah merupahkan material sisa yang tidak diinginkan  keterpakaiannya ,dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah yang ada hanya produk-produk yang dihasilakan dan selama proses alam tersebut berlangsug. Untuk mengatasi pembuangaan sampah disembarangan tempat, harus tanyakan diri pribadi seseroang dan  kesadarannya.
Membuang sampah pada tempatnya, adalah sesuatu yang harus kita lakukan secara rutin dimana pun kita berada, tanpa kenal lelah. Dengan kita melakukan hal seperti ini, maka hidup kita pun akan nyaman . Jadilah teladan bagi orang lain, agar orang lain pun berbuat demi…