Kejujuran Meningkatkan Kepercayaan - WEYAPO NEWS

Breaking

28 Sep 2015

Kejujuran Meningkatkan Kepercayaan

(Foto Dok prib/Yogi/Ist)

Oleh: Fransiskus Yogi 
 

          Opini/Weyapo News --- Kejujuran merupakan suatu alat yang dapat digunakan sebagai penunjang untuk memperoleh kepercayaan. Kejujuran juga merupakan salah satu peluang memasuki pintu gerbang kelimpahan berkat. Orang jujur dapat menentukan masa depan yang indah dan amat memuaskan. Katanya orang kejujuran dapat meningkatkan rasa kasih sayang dalam kehidupan keluarga. Bagi keluarga yang tidak merasiakan sesuatu dalam hati selalu menerima kepercayaan dari orang lain. Secara pribadi saya juga sangat yakin dengan kata bijak diatas ini karena selama aku berkelangsungan hayat ketika implementasikan satu kata kejujuran.  



          Contoh anak jujur disanyangi dan dipercayai banyak orang yang kenal dirinya. Pembentukan kejujuran dibentuk ketika masa-masa proses studi. Masa studi adalah masa dimana proses terbentuknya segala hal sesuai kefokusan tindakan seseorang baik itu tindakan jujur maupun ketidakjujuran. Dalam masa itu juga tinggi adopsinya jika belajar bagaiman jujur itu. 
Salah satu metode praktis guna melakukan pelatihan adalah dengan mengerjakan tugas-tugas di bangku studi tanpa menyontek. Hal ini bukti kejujuran seseorang. Sebenarnya kejujuran dalam kehidupan umat manusia sangat penting. Kejujuran merupakan modal utama untuk menunjang kehidupan jiwa dan kepercayaan. Ada beberapa nilai kejujuran bersih (pulih) dalam kehidupan yaitu:  


1. Nilai Sosial Budaya 

Penerapan kejujuran dalam kehidupan bermasyarakat sangat penting untuk diterapakannya. Jika bersikap kejujuran dalam kegiatan kemasyrakatan, maka dipercayainya dan sebaliknya, jika menerapkan ketidakejujuran yang jelas tidak mendapat kepercayaan kata kasarnya adalah “Kepercayaan Botak”

2. Nilai Religis 

Penerapan kejujuran dalam kehidupan beragama sangat penting juga untuk diterapkannya, agar mendapat kepercayaan secara visual dari umat kristen setempat, sehingga dalam pelayanannya berjalan baik.

 3. Nilai Ekonomis

Menurut perspektif kewirausahan kejujuran menjadi pra-syarat bagi pengusaha untuk menjaga kesepahaman antara dua belah pihak melalui suatu kesepakatan. 

4. Nilai Psikologis

            Salah satu obat pencegahan kesehatan jiwa adalah dengan penerapan kejujuran dalam titik kehidupan, agar roh setiap orang selalu dalam garis hidup pulih. 
Hal ini akan mempersehat jiwa, sehingga merasakan kepercayaan diri bahwa kejujuran itu hal vital. Perlu diketahui bahwa penerapan kejujuran dalam tugas dan tanggung jawab keseharian sangat penting untuk memberbesar peluang kerja dan peluang hidupnya suatu kepercayaan. Hal ini memperoleh peluang kebebasan diri dari ikatan-ikatan jiwa yang sakit


                Kata orang “Jujur Itu Sakit Kah?" Kutipan kata ini saya sangat mendukung sekali, karena orang jujur selalu sukses dan selamat dari segala tekanan jiwa yang jahat atau roh jahat. Pejujur akan dipercayakan mulai dari masalah kecil hingga masalah besar. Saudara memulai jujur dari diri pribadi dulu. Caranya adalah jangan menipu diri sendiri. Salah satu contoh menipu diri adalah membuat visi dan misi atau cita-cita tanpa tindakan. Hal ini menipu diri sendiri, karena mimpinya tidak diwujudkan. Lebih sakit jiwanya lagi itu kalau kita menipu orang lain dengan janji-janji gosip (nonsense). 
Orang banyak janji diri dan kepada orang lain tidak selalu menerima kepercayaan, karena ia tidak bersikap jujur.  

Penulis adalah Alumni mahasiswa Unipa Manokwari, Papua Barat


Sumber : www. Kabarmapegaa.com
Posting Komentar